10/02/2010

mempercepat dapat jodoh

Firman Allah swt.: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menjadikan kamu dari seorang laki-laki dan seorang wanita, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling mengenal. Sesungguhnya orang mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paing bertaqwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Mengenal.” (Q.S. Al-Hujurat:13).
Firman Allah : “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”.(QS Al-Furqon :74)
Siapa yang tidak ingin mempunyai jodoh? Tetapi apa yang harus dilakukan. Inilah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mempercepat datangnya jodoh :
  • Memperbaiki diri: untuk memperoleh jodoh yang sholeh tentu dirinya juga mesti sholeh. Ingatlah wanita yang baik untuk laki-laki yang baik, begitu pula perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik pula. Perhatikanpula firman Allah : “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga)” (QS. 24 : 26).
  • Memperbanyak doa: dengan doa akan merperkuat keyakinan bahwa jodoh itu akan datang. Berdoalah pada waktu-waktu yang mustajab, seperti setelah shalat fardu, shalat tahajud, disaat sedang berpuasa, dll
  • Memperluas pergaulan: dengan pergaulan akan memperluas jaringan silaturahmi, sedangkan silaturahmi ini akan medatangkan rizki. Jodoh juga termasuk rizki
  • Tidak terlalu ketat dalam kriteria jodoh: memperketat kriteria jodoh sangat sulit karena manusia tidak ada yang sempurna. Perhatikan pula firman Allah : “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” (QS. Al-Baqarah : 216).
  • Meminta tolong orang lain; dengan bantuasn orang lain seperti saudara, guru ngaji, teman akan mempermudah mencari kenalan sebagai ajang silaturahmi
  • Mengutarakannya langsung; Jika kita menyukai seseorang sebagai pasangan hidup, sebaiknya utarakanlah. Hal ini memang tidak mudah terutama bagi kaum perempuan. Tapi dengan bantuan orang lain hal ini akan membantu
  • Melakasanakan amalan sunah. Perbanyaklah amalan sunah seperti shalat tahajud, shalat dhuha, puasa, dan sedekah.
Usaha tersebut mungkin saja telah dilakukan, akan tetapi jodoh belum juga datang. Hal ini bisa jadi disebabkan karena banyak dosa kepada orang tua, guru, atau orang lain. Bisa juga karena doanya kurang kuat, atau sedekahnya kurang. Lakukanlah sedekah karena sedekah banyak menghandung hikmah. Berikut ini adalah keutamaan sedekah:
  • Mendatangkan rizki
  • Menyembuhkan penyakit
  • Menolak bala / menahan musibah
  • Memanjangkan Umur
Kisah berikut berikut akan maenambah keyakinan tentang hikah sedekah yang dikeluarkan. Kisah ini telah dismpaikan oleh Ust. Yusuf Mansur.
Ada seorang wanita berusia 30-an tahun yang sulit mendapat jodoh, tapi tiba-tiba dilamar empat pria. Sebagai muslimah yang baik, ia berserah diri kepada Allah SWT, dan satu-satunya tempat curhat adalah kakeknya. Sang kakek pun menyarankan agar ia rajin bersedekah.
Ia lalu datang ke sebuah masjid yang sedang dalam tahap pembangunan, minta perincian harga empat macam bahan material yang sedang dibutuhkan oleh panitia pembangunan. Maka ia pun menyerahkan uang sejumlah harga untuk membeli bahan material yang dibutuhkan. Beberapa waktu setelah itu, datanglah seorang duda berniat mempersuntingnya, tapi ayahnya tidak setuju.
Di hari yang lain bertandanglah seorang pemasok berbagai jenis barang, juga berniat untuk melamarnya, tapi kali ini ibunya tidak setuju.
Tak lama kemudian, datanglah seorang pria ingin mempersuntingnya, tetapi keburu pria itu dijodohkan dengan sepupunya, hingga urunglah niatnya untuk melamar si wanita idaman.
Di lain waktu, ia diperkenalkan dengan seorang pemuda dalam sebuah acara di masjid. Hari demi hari berlalu, hubungan mereka semakin dekat, dan si pemuda pun bermaksud melamarnya. Agar hati lebih mantap, wanita itu menunaikan shalat Istikharah, mohon petunjuk kepada Allah SWT. Kemudian ia bermimpi melihat matahari terbit, dan ternyata pemuda itulah jodohnya.

0 komentar:

Posting Komentar